Taufik, Pelaut Cilik Dari Bekke

Anak ini mondar mandir saaat saya sedang mengobrol dengan para pelaut dari Pulau Rajuni, Taka Bonerate, Selayar. Kulitnya hitam, rambut abu-abu. Dia mengenakan baju kaos biru tua lusuh. Sepertinya baju kesebelasan Chelsea FC. Beberapa menit kemudian saya mendekatinya dan menyapa. “Bisa bahasa Bajo?” Kataku. “Bisa!” Jawabnya. “ Sai arengta” . Siapa namamu? . “Taufik”, katanya.

“Tabea manggekang?” Ikut dimana, kataku. Dia menunjuk satu perahu bercat biru yang sedang sarat dan sandar di ban dua dari dari sebelah barat di Pelabuhan Paotere. Perahu itu telah selesai proses muat dan sedang menunggu waktu yang pas untuk segera angkat sauh.

Taufik tidak tamat SD. Hanya sampai kelas 5 dan berhenti sekolah. Dia kini memilih ikut berlayar pada perahu yang dinakhodai oleh Badu, seorang warga Pulau Jinato yang lahir di Pulau Rajuni. Kapal itu telah muat semen dan akan menuju daerah Bekke, di Nusa Tenggara Timur. Taufik belia baru sekali ikut berlayar.

“Orang tua dimana?” Tanyaku lagi. “Apa?” Dia meminta saya mengulang pertanyaan. “Bapakmu dimana?” Rinciku. Saya tak menduga jawabannya saat dia bilang, “Pergi ke Lengnga Kera, Maumere. Mungkin ada yang lain yang dia cari di sana.”. Dia memandang jauh dan dengan tegas menyebut bahwa kini dia hidup bertiga dengan ibunya di Bekke. Dia, dua orang bersaudara. Adiknya sedang sekolah kelas I, SD juga di Bekke.

Dia kini menunggu gaji pertamanya bersama 8 orang kru Kapal Cahaya Madina. Gajinya, katanya untuk nanti diberikan ke ibunya yang bernama Sating. Ibunya adalah wanita Bugis dari Pulau Jinato (sekitar 8 jam pelayaran dari Kota Benteng, Selayar) yang memilih tinggal di Bekke, satu daerah pesisir di Nusa Tenggara Timur. Sekitar tiga hari dua malam perjalanan ke sana dari Makassar.

Setelah mengobrol dengannya, dia bergegas bergabung dengan anak-anak di Kompleks Pelabuhan Paotere yang sedang main bola plastik. Dia sangat menikmati permainan itu.

Sungguminasa, 04042010

Advertisements

About reefberry

orang biasa
This entry was posted in Budaya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s